Jumat, 12 Oktober 2012

worm dorkbot - internet security

Gawat! Virus Sandera Komputer dan Minta Uang Tebusan, penyebaran virus di Skype (GFI)

    Berbagai macam cara dilakukan virus untuk menyebarkan diri, termasuk memanfaatkan aplikasi pesan instan seperti Skype yang baru-baru ini semakin populer.
Virus yang memanfaatkan layanan Skype ini pun tak main-main. Program jahat tersebut mampu mengambil alih komputer korban hanya dengan beberapa langkah, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (11/10/2012).
    Para calon korban akan dijebak dengan rekayasa sosial bertuliskan "lol is this your new profile pic?" yang disertakan link untuk mendownload file dengan ekstensi .zip.
Pengguna yang terkecoh diasumsikan bakal mendownload file tersebut dan kemudian membukanya. Namun alih-alih mendapatkan file yang dijanjikan, pengguna justru sudah terjangkit virus tanpa disadari.
Setelah berhasil menyusupi virus yang termasuk varian worm Dorkbot itu, maka akan secara otomatis komputer kita membuka 'pintu' untuk pembuatnya. Di sinilah aksi pemerasan terhadap korban dimulai.
Setiap korban yang terinfeksi akan dimintai 'uang tebusan' sekitar USD 200, dan jika tak dituruti seluruh file dalam komputer tersebut akan segera dihapus dalam waktu 48 jam. Ironisnya, korban tak bisa berbuat banyak. Seluruh akses komputer seakan dikunci hingga sang pemilik tidak bisa menggunakannya.
Hingga saat ini pihak Skype masih menyelidiki masalah tersebut, namun sementara itu penguna disarankan untuk mengupdate sistem keamanan komputer yang digunakan serta menggunakan aplikasi Skype versi terbaru.
   "Kami mengetahui soal aktivitas malware tersebut dan kami berusaha dengan cepat meredam jumlah korbannya. Kami sangat menyarankan untuk mengupgrade versi Skype Anda dan jangan membuka link dari orang yang tak dikenal," saran Skype.
(Jumat,12/10/2012/Trisno Heriyanto - detikInet)

Dikutip dari detik dot com
 

Copyright © 2012 stasiunku blog - how and where | Sitemap | Redesign by g-fanc | Powered by Blogger